Ukiran Jepara – Karya Seni Kebanggaan Bangsa

Ukiran Jepara. Jika kita berbicara tentang kota ukir, maka yang terbersit dalam pikiran kita adalah Jepara. Yah, kerajinan ukiran jepara memang sudah melegenda. Hasil karya ukiran dari kota pesisir ini telah tersebar di seantero dunia. Banyak wisatawan manca negara yang datang ke Indonesia dan menjadikan kota jepara sebagai salah satu tujuannya dan membeli hasil kerajinan seni ukir sebagai cendera mata. Juga banyak investor atau   pelaku bisnis furniture yang memilih mebel produksi jepara sebagai supliernya.

ukiran jeparaPatung penanda desa wisata ukir Mulyoharjo

Sebagai seseorang yang lahir di Jepara, saya mengerti betul bagaimana industri mebel dan kesenian ukiran jepara sudah menjadi ikon yang menghidupi warga Jepara. Jika anda memasuki kota Jepara dari  kota Kudus, anda akan dihadapkan dengan wisata furniture sepanjang jalan. Apalagi jika sudah sampai di sepanjang jalan Tahunan. Jika anda penggemar pernak-pernik dari kayu atau sedang mencari mebel untuk mengisi rumah , anda akan suka berbetah-betah disini.

Ukiran Jepara Sebagai Ikon

Ada daerah-daerah tertentu yang menjadi basis pagi bagi para pengrajin seni ukir; meskipun sebenarnya keberadaan para pengrajin ukir bisa menyebar rata di seluruh Jepara. Salah satu komplek yang terkenal dengan kerajinan ukirnya adalah di desa Mulyoharjo. Saya sempat 3 tahun lebih tinggal disana. Bunyi “ganden” yang dipukulkan pada “tatah” untuk memahat kayu merupakan irama merdu yang menjadi alunan rutin setiap hari. Tidak hanya pria, wanita pun ada yang menjadi pengukir kayu. Bahkan disana ada sebuah “sekolah” non formal dimana anak-anak yang baru SD bisa belajar memahat. Saya tahu hal ini karena dulu saya juga pernah ikut belajar disana. Sepulang sekolah saya ikut bergabung dengan anak-anak kecil yang sudah lincah memainkan pahatnya, sementara saya untuk menghasilkan sebuah pola yang benar saja dibutuhkan waktu berhari-hari…:)

Baiklah, saya kira ini dulu sharing saya tentang keindahan ukiran Jepara. Semoga artikel ini bisa memberikan wacana tentang perkembangan seni ukir di Jepara sebagai salah satu kekayaan bangsa. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply