Tingginya harga rumah dan tanah di daerah Jakarta

tingginya harga rumah
sumber gambar : www.housing-estate.com

Beberapa hari yang lalu salah seorang kerabat saya mencari info tentang rumah dijual di Jakarta Selatan.

Rupa-rupanya dia ingin membeli rumah disana karena memperoleh pekerjaan yang cukup menjanjikan.

Saya kurang terlalu banyak soal perkembangan harga jual rumah di daerah Jakarta Selatan. Yang saya tahu harga rumah dan tanah di daerah Jakarta pasti berbeda jauh denan harga rumah dan tanah di daerah Jepara.

Di Jepara, meskipun sudah beranjak menjadi kota industri mebel yang berkembang pesat, kita masih bisa menemukan harga rumah dan tanah yang relative murah di daerah pinggiran.

Meskipun tidak berada di pusat kota, daerah-daerah pinggiran Jepara itu masih mudah terjangkau apabila di gunakan untuk bisnis. Makanya saat ini kita bisa menemukan banyak gudang-gudang mebel baru yang dibangun di daerah pinggiran. Mungkin selain harganya yang relative murah, tanah yang ditawarkan pun cukup luas.

Berbeda dengan di Jakarta, kita akan menemukan kenyataan yang sebaliknya. Tanpa mengumpulkan data-data emnpris pun saya sudah bisa memperkirakan kalau harga tanah dan rumah disana pasti lebih mahal.

Seringkali saya melihat iklan-iklan perumahan baru di daerah Jakarta dan sekitarya. Harga rumah type 45 disana setara dengan harga rumah type 100 disini. Saya kira ini hal yang wajar. Jakarta dibandingkan dengan kota-kota kecil di Jawa tengah tentu beda harga tanahnya.

Masukan itulah yang akhirnya saya sampaikan pada kerabat saya, tentang kemungkinan selisih harga yang pasti jauh berbeda antara Jepara dan Jakarta.

Saya memberi beberapa alternative kepadanya untuk menyewa sebuah kamar terlebih dahulu atau jika memungkinkan tinggal saja dulu mesh perusahaan. Langkah seperti ini tentu akan membutuhkan biaya yang lebih sedikit sehingga uang yang ada bisa diinvestasikan ke hal lain yang lebih menjanjikan.

Tetapi sepertinya kerabat saya masih bersikeras dan menginginkan sebuah rumah di daerah Jakarta Selatan. Dia punya harapan yang besar pada pekerjaaanya dan ingin merintis karir dengan sungguh-sungguh disana.

Memang saya tidak meragukan kemampuan finansial kerabat saya ini. Orang tuanya adalah salah seorang pemilik mebel ekspor yang cukup berhasil di kota kami. Keempat saudaranya telah terjun ke bidang mebel dan turut membesarkan perusahaan keluarga. Hanya dia sendiri yang menaruh minat pada bidang Teknik Kimia dan memilihnya sebagai profesi.

Well, Saya ingin memmbantu dia mendapatkan informasi tentang perkembangan perumahan di Jakarta selatan. OK, saya mau browsing-browsoing dulu cari info…