Belajar Mengukir untuk Pemula

Ukiran kayu adalah hobi yang bisa digeluti oleh semua orang dari berbagai usia. Bagi seorang seniman ukir, sepotong kayu bisa berubah bentuk menjadi berbagai macam hal tak terbatas seusai imajinasinya. Jika anda berminat untuk belajar seni ukir kayu, berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda ketahui.
Ada empat teknik mengukir kayu yang perlu anda ketahui. Teknik-teknik tersebut ntara lain :

-          Teknik mengerik (whittling)

Ngerik adalah tindakan meraut permukaan kayu. Ini merupakan bentuk seni ukir paling dasar. Peralatan yang diperlukan adalah sebuah pisau saku yang tajam. Obyek yang dibuat biasanya berupa balok kayu kecil seperti pada pegangan pisau, cangklong cerutu, atau oranmen-ornamen kecil lain yang terbuat dari kayu.

-          Teknik relief (relief carving)

Untuk membuat sebuah relief diperlukan sebuah bidang kayu datar yang cukup lebar. Tema ukiran bisa berupa lukisan, atau obyek-lain yang berada pada bidang 2 dimensi namun diukir menjadi lukisan 3 dimensi. Peralatan ukir yang diperlukan lebih komplek dan rumit. Ukiran relief juga sering dipasang sebagai ornament pada furniture.

relief patung

-          Teknik membubut (carving in the round)

Untuk membuat ukiran bubut, kita memerlukan sebuah alat bantu yang digunakan untuk memutar balok kayu yang akan kita bentuk. Bentuk ukir merupakan simetri putar yang mengikuti pola-pola tertentu. Bentuk ukiran yang dihasilkan lebih halus karena menggunakan putaran kayu dengan kecepatan tinggi. Ukiran bubut bisa kita temukan pada kaki-kaki mebel, pegangan pisau atau pedang, payung dan obyek lain dengan simetris putar.

 

Jika anda ingin terjun langsung ke dunia seni ukir datang saja ke sentra industri ukir di Desa Mulyoharjo Jepara. Disana anda akan menyaksikan bagaimana para seniman ukir kayu menggubah sebatang balok kayu yang sederhana menjadi sebuah karya seni yang apik

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.